Kamis, Desember 06, 2012

Gunung Yang Nyaman Di Daki Pendaki Wanita



Kegiatan mendaki gunung, walaupun terbilang ekstrim, bukan berarti hanya cocok bagi kaum pria. Karena banyak juga wanita yang punya hobby dan senang melakukan kegiatan di alam bebas. Keindahan alam bebas di pegunungan memang selalu menarik untuk dinikmati wanita. Terkadang yang jadi kendala adalah  beberapa gunung jalur pendakiannya panjang, penuh rintangan dan hambatan yang terkadang hanya sanggup dilalui oleh pendaki laki-laki Bagi wanita, unsur keamanan dan kenyamanan saat mendaki selalu menjadi pertimbangan. Berikut beberapa gunung yang aman dan mudah didaki wanita :

1. Gunung Ungaran, Jawa Tengah (2050 mdpl).
Gunung ini tergolong yang sangat gampang di daki oleh wanita. Disamping jalur pendakian yang tidak terlalu menanjak, di kaki gunung ini juga banyak terdapat objek wisata. Ada Candi Gedongsongo, air terjun seperti Curug Semirang dan Curug Lawe yang bisa didatangi di sana. Gunung ini memiliki tiga puncak: Gendol, Botak, dan Ungaran. Puncak tertinggi adalah Ungaran. Dari puncak gunung ini, jika memandang ke utara akan terlihat Laut Jawa sedangkan jika membalikkan badan, akan terlihat jajaran (dari kiri ke kanan) Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo dan Kendalisodo dengan Rawa Peningnya, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, dan Gunung Perahu.


2. Gunung Papandayan, Jawa Barat (2665 mdpl).
Gunung ini berada di kabupaten yang lagi heboh kasus nikah 4 hari bupatinya, Garut, Jawa Barat. Selain jalurnya yang landai, pemandangan yang kita dapatkan disini juga sangat cantik. Pada Gunung Papandayan, terdapat beberapa kawah yang terkenal. Di antaranya Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk. Kawah-kawah tersebut mengeluarkan uap dari sisi dalamnya. Yang sangat khas dari Gunung ini adalah padang bunga abadi, bunga edelweis yang cukup luas di dekat puncaknya. 


3. Gunung Ijen, Jawa Timur (2443 mdpl).
Yang terkenal dari gunung ini adalah kawah Ijen. Hampir semua orang kenal Kawah dari gunung yang terdapat di Banyuwangi ini. Lintasan awal sejauh 1,5 km cukup berat karena menanjak. Sebagian besar jalur dengan kemiringan 25-35 derajad. Selain menanjak struktur tanahnya juga berpasir sehingga menambah semakin berat langkah kaki karena harus menahan berat badan agar tidak merosot ke belakang. Setelah beritirahat di Pos Bunder (pos yang unik karena memiliki bentuk lingkaran) jalur selanjutnya relatif agak landai. Selain itu wisatawan/pendaki di suguhi pemandangan deretan pegunungan yang sangat indah. Untuk turun menuju ke kawah harus melintasi medan berbatu-batu sejauh 250 meter dengan kondisi yang terjal. Banyak pendaki dalam dan luar negeri yang kesini sekedar ingin menikmati keindahannya.


4. Gunung Sibayak, Sumatera Utara (2212 mdpl).
Kota Brastagi yang dijuluki "Puncaknya Sumatera" memiliki gunung yang aman juga didaki wanita, yaitu Gunung Sibayak. Orang Batak Karo menyebut gunung Sibayak dengan sebutuan "gunung Raja".Jalur pendakian yang tidak sulit dan pemandangan yang eksotis adalah keunggulan gunung ini. 


5. Gunung Kelimutu, NTT (1639 mdpl).
Gunung Kelimutu adalah gunung berapi yang terletak di Pulau Flores, Provinsi NTT, Indonesia. Lokasi gunung ini tepatnya di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende. Gunung ini memiliki tiga buah danau kawah di puncaknya. Danau ini dikenal dengan nama Danau Tiga Warna karena memiliki tiga warna yang berbeda, yaitu merah, biru, dan putih. Walaupun begitu, warna-warna tersebut selalu berubah-ubah seiring dengan perjalanan waktu. Selain itu jalur pendakian yang mudah, bersih saat menuju puncak.


Itu beberapa gunung yang tergolong mudah didaki oleh wanita. Jadi kalau ada istri, sahabat atau teman wanita anda yang ingin naik gunung. Gunung-gunung ini bisa jadi alternatif pilihan. Dijamin setelahnya mereka akan minta lagi ke gunung-gunung yang lain, bahkan mungkin yang lebih ekstrim.

Tidak ada komentar: